Pj. Bupati Bogor Lantik APSAI dan Kukuhkan Forum Anak

Cibinong, JJBnews.com – Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu melantik dan mengukuhkan pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Bogor dan Forum Anak Daerah Kabupaten Bogor periode 2024-2029, yang berlangsung di Gedung Serbaguna I Setda, Kamis (15/8/24).

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan Kabupaten/Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara berencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Oleh karena itu untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak khususnya di Kabupaten Bogor diperlukan secara kolaborasi sinergi antara pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi dan lembaga lainnya termasuk dalam lainnya adalah media yang kita kenal sebagai pentahelix. Dengan membentuk lima pilar yang berorientasi terhadap pemenuhan hak-hak anak.

“Selamat bekerja dan bertugas kepada pengurus APSAI dan Forum Anak Daerah Kabupaten Bogor yang baru saja dikukuhkan, tentu harapan kami semoga semua dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” ungkap Pj Bupati Bogor.

Baca Juga :  Jaro Ade Ziarah ke Makam Endang Kosasih dan Berbagi Makanan Gratis di Ciawi

Menurutnya, pembentukan APSAI dan Forum Anak Daerah Kabupaten Bogor merupakan wadah percepatan dan sinergi peran serta sektor swasta dalam memenuhi sektor hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Bogor.

“Ada tiga peran yang bisa dilakukan oleh APSAI dan Forum Anak Daerah dalam memenuhi perlindungan dan hak anak, pertama sisi kebijakan bagi swasta yakni tidak mempekerjakan anak dibawah umur, menyediakan tempat bermain bagi anak untuk para pekerja. Kedua produk yang dihasilkan perusahaan harus anak untuk anak-anak, ketiga program beasiswa kepada anak berprestasi,” tuturnya.

Kemudian Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Sussy Rahayu Agustini mengatakan, pelantikan pengurus APSAI dan Forum Anak Daerah di Kabupaten Bogor merupakan wujud kepedulian terhadap perlindungan terhadap anak Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor.

“Menjadi kewajiban bagi APSAI dan Forum Anak Daerah Kabupaten Bogor untuk bersama-sama bersinergi menciptakan ruang publik yang terpadu ramah anak, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya dan berkualitas. Karena anak-anak yang akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa dimasa yang akan datang,” beber Kepala DP3AP2KB.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor, Bachril Bakri Pastikan Akan Lanjutkan dan Mengawal Pembangunan Yang Telah Dijalankan Sebelumnya

Di tempat yang sama, Ketua APSAI Kabupaten Bogor, Sulhajji Jompa menyampaikan, dalam rangka semangat kita membantu pemerintah menghantarkan anak-anak Kabupaten Bogor menjadi generasi kuat dimasa yang akan datang. Ia bersama Forum Anak Daerah Kabupaten Bogor akan menjadi corong bagi para anak-anak Kabupaten Bogor, untuk menjadi unggul dan berprestasi.

“Mudah-mudahan kami bisa memberikan kontribusi terhadap Kabupaten Bogor terutama dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bogor layak anak. Alhamdulillah pada hari ini wadahnya sudah dibentuk dan dikukuhkan, kami semua mulai hari ini juga kami start memulai program-program apa saja dalam rangka memenuhi target pemerintah mampu kita torehkan menjadi Kabupaten Bogor dengan prestasi menjadi Kabupaten Bogor Layak Anak,” tandasnya. ***