Sebagai Bapak Asuh Penyandang Disabilitas Rudy Susmanto Hadiahi ABK Wisata ke MiniMania Puncak

Ratusan ABK saat jalan-jalan berwisata ke MiniMania Puncak yang merupakan hadiah dari ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Ist)

Megamendung, JJBnews.com – Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tampak bahagia saat jalan-jalan berwisata ke MiniMania Puncak, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Kamis (22/8/24).

Mereka merupakan para siswa Sekolah ABK Tangguh di bawah naungan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Bogor.

Ketua PPDI Kabupaten Bogor, Erfandi mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dan hadiah dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto yang juga bapak asuh penyandang disabilitas.

“Pak Rudy menepati janjinya memberikan hadiah untuk anak-anak disabilitas binaan kita saat berkunjung ke acara di BKS Citeureup pada hari Kamis 15 Agustus lalu,” ucap Erfandi, Kamis (22/8/24).

Baca Juga :  Cabup Rudy Susmanto Resmikan Posko Pemenangan di Sukamakmur, Siap Menang di Dapil 2

“Beliau ingin ABK ini senang dan mendapat pengalaman baru. Anak-anak belajar bagaimana mengenal negara luar dari minimatur ikon kota besar. Edukasi bagi ABK,” katanya menambahkan.

Ada sebanyak 173 orang yang terdiri dari ABK, para orang tua, guru serta pengurus Sekolah ABK Tangguh yang mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Erfandi, Sekolah ABK Tangguh PPDI Kabupaten Bogor telah berjalan selama 3 tahun. Yang mana para siswanya merupakan ABK yang terdiri dari 4 ragam disabilitas di antaranya fisik, intelektual, sensorik rungu wicara, dan mental. Mereka mulai dari usia 6 hingga 17 tahun.

Baca Juga :  Dechan Perintahkan Seluruh Kader Partai Demokrat, All Out Menangkan Rudy Susmanto – Jaro Ade

“Anak-anak tidak dipungut biaya, semua adalah swadaya. Sedangkan tempat kita masih menumpang di UPT BKS Dinsos Citeureup,” ungkapnya.

“Kami dari PPDI menginginkan bisa memiliki tempat belajar sendiri,” sambungnya.

Ketua PPDI Kabupaten Bogor itu berharap, anak-anak berkebutuhan khusus lebih mendapat perhatian para pemangku kebijakan.

Bagaimana mereka mendapat hak bersekolah dengan layak agar menjadi anak yang cerdas dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Dan juga bagi orang tua yang mempunyai ABK, jangan selalu beranggapan anak ini tidak mempunyai masa depan,” tandasnya. ***