Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Sudah Sencapai 97,8 persen

Babakan Madang, JJBnews.comBPJS Kesehatan Kabupaten Bogor kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berikan layanan kesehatan paripurna kepada masyarakat melalui kehadiran Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Bogor yang dikemas melalui kegiatan Forum Kemitraan Kabupaten Bogor tahun 2024, yang berlangsung di Bigland Hotel Sentul Babakan Madang, Kamis (20/6/24).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ichwansyah Gani menuturkan, melalui kegiatan Forum Kemitraan Kabupaten Bogor tahun 2024 ini salah satu sarana untuk memperkuat sinergi dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat dan ditargetkan bisa mencapai 98 persen di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Bogor. Untuk Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten sudah mencapai 97,8 persen dan ditargetkan launcing pada 26 Juni 2024 mendatang.

“Rencananya 26 Juni 2024 kita, ini kabar gembira untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bogor dengan UHC nanti sistemnya non cut off sehingga dapat mempercepat pendaftaran dan langsung aktif. Ini tidak bisa tercapai tanpa dukungan dan kolaborasi dengan seluruh pihak termasuk Pemkab Bogor,” jelas Ichwansyah Gani.

Dalam kesempatan ini, BPJS juga memberikan reward kepada insan kesehatan mulai dari Rumah Sakit pemerintah dan swasta, Klinik dan puskesmas yang telah berkontribusi dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat serta peningkatan sarana prasarana pelayanan kesehatan dengan performa terbaik.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Bogor Gencar Verifikasi Kampung Ramah Lingkungan

“Ini bentuk apresiasi kami kepada RS, fasilitas kesehatan primer dan rujukan yang telah memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat. Semoga ini bisa memotivasi yang lain untuk bersama-sama meningkatkan layanan kesehatan terbaik bagi warga masyarakat,” tegasnya.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengungkapkan, Forum Kemitraan Kabupaten Bogor tahun 2024 ini menjadi sinergi yang kuat dan bukti keseriusan semua stakeholder yakni antara BPJS Kesehatan, Pemkab Bogor khususnya Dinas Kesehatan, Rumah Sakit pemerintah dan swasta, klinik juga puskesmas. Untuk bersama-sama memberikan layanan yang optimal dan paripurna melalui kehadiran Universal Health Coverage (UHC) bagi masyarakat di Kabupaten Bogor.

Katanya, dengan adanya UHC ini juga akan meningkatkan quality service. Kehadiran UHC ini merupakan salah satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor fokus dan serius dalam memberikan kemudahan akses layanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor. Artinya dengan UHC jika masyarakat ingin berobat mereka tidak perlu menunggu satu bulan agar kartu aktif, cukup dua hari setelah daftar kartu jaminan kesehatan bisa langsung digunakan.

“Saya sangat berterimakasih kepada jajaran BPJS yang senantiasa memberikan jaminan dan layanan kesehatan terbaik, baik layanan primer maupun dilayanan rujukan kepada masyarakat tentunya untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Bogor sehat dengan jaminan kesehatan berkualitas tanpa diskriminasi. Kami juga apresiasi kepada semua insan kesehatan Kabupaten Bogor yang senantiasa terus menerus memperbaiki layanan kesehatan baik di RS, Puskesmas dan rujukan,” ungkap Mike Kaltarina.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor, Bachril Bakri Pastikan Akan Lanjutkan dan Mengawal Pembangunan Yang Telah Dijalankan Sebelumnya

Selanjutnya, Dirut RSUD Cibinong, Yukie Meistisia Anandaputri Santoso menyatakan, terimakasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Cibinong atas kepercayaannya menjadikan RSUD Cibinong sebagai salah satu penerima penghargaan kategori Rumah Sakit Performa terbaik dan dipercaya sebagai RS rujukan regional yang selalu memberikan pelayanan terbaik. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari bimbingan serta kolaborasi antara RSUD Cibinong dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang selalu memberikan dukungan dan arahan serta perubahan dalam memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat.

“Tentunya ini sangat memotivasi kami untuk terus mewujudkan standar pelayanan prima termasuk service excellent. Semoga dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor juga BPJS kami dapat menyukseskan UHC di Kabupaten Bogor, dengan senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dengan inovasi untuk perbaikan pelayanan ke depan,” tandasnya. ***