Sumur Belerang di Gunung Peyek Parung Pesona Wisata Paling Diburu Pengunjung Luar Bogor

Keberadaan 3 sumur belerang yang ada di area Wisata Gunung Bunder atau Gunung Peyek di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Parung, JJBnews.com – Sebanyak 3 sumur air belerang berdiameter sedang dan besar yang ada di area Wisata Gunung Peyek menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Lokasi ini berada dikawasan wisata Gunung Kapur, atau tepatnya berada di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Untuk menuju lokasi hanya ditempuh 10 menit atau 2 kilometer dari ruas jalan Utama Ciseeng-Gunungsindur. Aksesnya sendiri sangat mudah, karena sudah dilakukan betonisasi.

Keberadaan Wisata Pemandian Gunung Peyek sendiri berada ditengah-tengah hamparan pesawahan milik warga sekitar.

Selain 3 sumur yang terbentuk secara alami. Ada juga kolam renang pemandian anak-anak dan orang dewasa. Sumber mata air dari sumur gunung peyek ini berasal dari belerang. Wisata ini buka setiap hari.

Pengelola Wisata Pemandian Air Panas Gunung Peyek, Sahrudin mengatakan, wisata pemandian Gunung Peyek mulai dibuka sejak tahun 2016. Saat itu, area Wisata Gunung Peyek masih semak belukar.

Baca Juga :  Cabup Rudy Susmanto Resmikan Posko Pemenangan di Sukamakmur, Siap Menang di Dapil 2

“Saat itu saya mulai ngerapihin sedikit-sedikit. Kesininya banyak yang tahu akhirnya banyak pengunjung yang datang,”kata Bacuy sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, wisata pemandian Gunung Peyek ini banyak pengunjung untuk merendam dikolam maupun di sumur. Air panas tersebut, bisa mengobati berbagai macam penyakit tulang.

“Namun untuk kesembuhan itu sih tergantung keyakinannya masing-masing saja. Jadi mandi air panas itu juga sebenernya lebih rileks saja,” terang Bacuy, Jumat (7/6/24).

Menurutnya, pengunjung bukan hanya siang saja, ada juga yang malam datang untuk merendam. Karena kalau malam cuacanya tidak panas, berbeda dengan siang. Banyak pengunjung yang datang, sehingga pihak pengelola membuat pagar pembatas.

“Kita siasati untuk membuat kolam renang. Karena untuk tiga sumur itu kita bukanya hanya malam hari, untuk kolamnya siang,” terang Bacuy.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Bachril Bakri Semarakkan Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Piala KASAD ke-2

Pengunjung yang datang ke Gunung Peyek menurun sejak beberapa bulan kemaren. Sepinya pengunjung ini, lantaran adanya wisata baru disejumlah tempat. Namun untuk wisata alam, yang pasti tidak ada sepinya.

“Ada penurunan sih yang berkunjung ke wisata gunung peyek, tapi kalau wisata alam kan gak ada sepinya. Ada saja yang datang,” terangnya.

Untuk tiket masuk, sambungnya, satu orang sebesar 5 ribu. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar 5 ribu. Untuk mandi dikolam renang, orang dewasa 10 ribu dan anak-anak sebesar 5 ribu.

“Tapi kembali lagi, toleransi pengelola. Misal masuk 5 ribu, kalau dua orang 10 ribu, motor 5 ribu. Kalau ada 5 ribu, silahkan masuk, terpenting ada permisinya,” pungkasnya. ***