Pj. Sekda Kabupaten Bogor : Wayang Golek Harus Dilestarikan Karena Warisan Budaya 

Babakan Madang, JJBnews.com – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melestarikan budaya wayang golek di Kabupaten Bogor sebagai warisan budaya leluhur. Hal itu ditegaskan Suryanto Putra saat membuka pagelaran seni wayang golek dalam rangka peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542 yang berlangsung di halaman kantor Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang pada Jumat malam (31/5/24).

Kadisbudpar Kabupaten Bogor Yudi Santosa.

Pj. Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengungkapkan, pagelaran wayang golek tidak hanya upaya dalam melestarikan budaya warisan leluhur. Juga sebagai sarana untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral dan adat ketimuran yang saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Sebab katanya, dalam pertunjukan wayang golek tersaji banyak terkandung nilai luhur yang dapat diambil hikmahnya yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Rakor Perdana Pj. Bupati Bogor Bachril Bakri Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada 2024 Hingga Stunting

“Untuk itu mari kita bersama-sama melestarikan berbagai kebudayaan yang ada di Kabupaten Bogor salah satunya wayang golek ini. Agar peninggalan warisan budaya ini bisa dirasakan oleh anak cucu kita nanti,” terang Suryanto Putra.

Dalam kesempatan ini, Pj Sekda Kabupaten Bogor menyampaikan terimakasih kepada Disbudpar Kabupaten Bogor, seluruh elemen masyarakat, jajaran Pemerintah Kecamatan Babakan Madang, dan Desa Cijayanti atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan HJB ke-542.

“Tentunya semangat, sinergi dan kekompakan yang terbangun selama ini dapat terus terjaga dengan baik. Mari kita sama-sama turut serta dalam memeriahkan HJB ke-542 ini,” ungkap Pj. Sekda Kabupaten Bogor.

Kemudian, Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Yudi Santosa menambahkan, terselenggaranya wayang golek ini adalah bentuk apresiasi dan penghormatan kepada pemerintah kecamatan dan desa yang senantiasa aktif dan konsisten dalam melestarikan budaya.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Bachril Bakri Semarakkan Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Piala KASAD ke-2

“Dikesempatan ini saya ingin memberikan sertifikat penghargaan kepada Kepala Kades Cijayanti yang sudah menjaga dan melestarikan budaya di Kabupaten Bogor,” jelas Yudi.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cijayanti Ahmad Fauzan menyatakan, terimakasih kepada Pj Sekda Kabupaten Bogor beserta jajaran yang telah menyempatkan waktu hadir langsung dalam acara pagelaran budaya wayang golek di Desa Cijayanti.

“Alhamdulilah dukungan dari seluruh masyarakat kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik. Ini adalah kegiatan yang kami selenggarakan dalam rangka Hari Jadi Bogor ke 542 dan Hari Jadi Desa Cijayanti yang ke 97 tahun,” imbuhnya. ***