Sebanyak 200 Anggota PPK Kabupaten Bogor Dilantik, Ini Pesan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu

Bogor, JJBnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, melantik sedikitnya 200 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bakal disebar di 40 PPK se-Bumi Tegar Beriman, bertempat di Hotel Lor’In Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kamis (16/5/2024).

Dimana, pelantikan ratusan anggota PPK tingkat Kabupaten Bogor ini, dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Dalam sambutannya, Asmawa Tosepu menyampaikan, telah dilantiknya 200 personel PPK yang diperuntukkan bagi 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor ini, merupakan salah satu tahapan yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan tentang komisi pemilihan umum.

“Oleh karena itu, kami sebagai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, pertama menyampaikan selama kepada pihak-pihak yang telah dilantik pada hari ini oleh KPU Kabupaten Bogor,” kata Asmawa Tosepu, dilokasi acara.

Dia mengingatkan, menjadi bagian dari anggota PPK dalam kontestasi Pilkada 2024 itu tidak mudah, karena harus menjaga netralitas dan integritasnya demi terciptanya Pemilukada yang jujur dan adil (Jurdil).

“Kami pemerintah daerah juga berpesan, anggota PPK ini bisa bertanggungjawab dan harus punya integritas, harus jujur, harus adil dan netral, dalam mengawal pesta demokrasi di Kabupaten Bogor,” jelas Asmawa.

Ia menambahkan, kepada seluruh penyelenggara pemilu tersebut, untuk bisa lebih memperbanyak kolaborasi sinergi dan koordinasi, baik sifatnya hirarki ke KPU, maupun sifat horizontal kepada Panwaslu di tiap-tiap Kecamatan, termasuk dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) setempat, hingga sekretariat di masing-masingPPK itu sendiri.

Baca Juga :  Kebun Raya Bogor Ajak Masyarakat Berdonasi Lewat Event Lari di Kebun

“Kami juga menitipkan pesan, untuk melaksanakan beberapa hal yang sifatnya rutin pelaksanaan tugas-tugas PPK, tetapi paling tidak karena tahapan Pilkada 2024 itu sudah dimulai saat ini. Maka, melalui tangan-tangan anggota PPK sendiri kami minta untuk lebih mensosialisasikan terkait tahapan pesta demokrasi lima tahun ini, termasuk kita punya komitmen yang sama untuk bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dengan menggunakan hak pilihnya nanti,” imbau Pj Bupati Bogor tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia menuturkan, ada sebanyak 200 orang yang telah dilantik sebagai anggota PPK untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) dan Pilbup Bogor tahun 2024, yang nantinya akan disebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Jumlahnya ada 200 orang anggota PPK yang telah dilantik pada hari ini, untuk nantinya akan disebar 40 PPK se Kabupaten Bogor,” ujar Adi Kurnia, dilokasi acara.

Ia menjelaskan, dari total anggota PPK yang dilantik, didominasi oleh wajah baru sekitar 60 persen bagi anggota PPK yang akan ditugaskan untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Baca Juga :  Rudy Susmanto - Jaro Ade Nomor Urut 1, Bayu Syahjohan - Musyafaur Rahman Nomor Urut 2

“Iya betul, sekitar 60 persen anggota PPK Kabupaten Bogor yang telah dilantik. Jadi setiap kecamatan atau PPK rata-rata akan diisi oleh muka baru,” ungkapnya.

Dia mengimbau, kepada ratusan anggota PPK yang telah dilantik pada hari ini, diharapak bisa menjaga integritas dan netralitasnya, karena gesekan di kontestasi pada pemilihan kepala daerah nanti akan terasa lebih keras dibanding saat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) di Pemilu pada 14 Februari 2024 lalu.

“Artinya sorotannya cukup banyak, karena kita akan bersinggungan langsung dengan masyarakat Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Adi melanjutkan, usai pelaksanaan pelantikan itu tahapan selanjutnya KPU Kabupaten Bogor akan menyusun rangkaian kegiatan berupa, perengkrutan anggota Petugas Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa. Akan tetapi, saat ini jika tahapan yang masih tengah dilakukannya yaitu tahapan CAT (Computer Assisted Test) yang sedang dilaksanakan di SMKN 1 Cibinong.

Adapun untuk pelantikan bagi anggota PPS, sambung Adi Kurnia, akan dilaksanakan pelantikannya pada 26 Mei 2024 mendatang.

“Selain itu kita pun sedang, beriringan dengan tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan, yang kemarin ada satu paslon yang akhirnya memenuhi target untuk mengupload ke Silon KPU,” tukasnya. ***